March 29, 2024

Apa manfaat tersembunyi Biji Mahoni untuk kesehatan

manfaat tersembunyi Biji Mahoni
Don't Forget to Share

Apa Kandungan Biji Mahon

Info kesehatan – Berbicara soal biji mahoni ini hal pertama yang akan kamu katakan adalah rasanya yang pahit. Yah Buah mahoni rasanya memang sangat pahit. Tapi Obat dokter juga kan umumnya pahit, dan beberapa tanaman obat tradisional berkhasiat memang dasarnya pahit. Jadi yang pahit itu belum tentu tidak ada manfaatnya. Salah satunya adalah biji mahoni yang berkhasiat obat ternyata mengandung segudang manfaat yang tersembunyi lho.

Dengan seiring perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, akhirnya bisa diketahui bermacam manfaat yang tersembunyi dalam biji mahoni yang ternyata sangat baik untuk kesehatan. Dibalik rasa pahitnya biji mahoni ini ternyata biji mahoni bisa dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit, dari penyakit ringan sampai penyakit yang cukup berat.

Apa saja kandungan dan bagaimana cara pemanfaatan biji mahoni ini agar berkhasiat sebagai obat, berikut ini penjelasanya:

Apa Kandungan Kimia Biji Mahoni

Didalam biji mahoni mengandung saponin dan flavonoid. Saponin Merupakan senyawa glikosida kompleks yaitu senyawa hasil kondensasi suatu gula dengan suatu senyawa hidroksil organik yang apabila dihidrolisis akan menghasilkan gula (glikon) dan non-gula (aglikon). Sedangkan Flavonoid Adalah suatu kelompok senyawa fenol yang terbanyak terdapat di alam. Senyawa-senyawa ini bertanggung jawab terhadap zat warna merah, ungu, biru, dan sebagian zat warna kuning dalam tumbuhan. flavonoid dapat digunakan sebagai obat karena mempunyai bermacam macam bioakitfitas seperti antiinflamasi, anti kanker, antiinfertilitas, antiviral, antidiabetes, antidepresant, diuretic, dll.

Manfaat Biji Mahoni untuk kesehatan

Biji mahoni bisa digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Penyakit yang bisa diobati dengan memanfaatkan biji mahoni diantaranya Tekanan darah tinggi (Hipertensi), Kurang napsu makan, Demam; Kencing manis (Diabetes mellitus), Masuk angin, Ekzema/eksim, Rematik;

Cara Pemanfaatanya adalah Biji mahoni, dikeringkan lalu digiling halus menjadi serbuk. Kegunaannta adalah untuk mengobati:

  • Tekanan darah tinggi (Hipertensi)
  • Kencing manis (Diabetes mellitus)
  • Kurang napsu makan
  • Rematik
  • Demam
  • Masuk angin
  • Ekzema/eksim

Aturan Pemakaian, Untuk minum: 1/2 sendok teh biji yang telah digiling halus menjadi serbuk.

Biji Mahoni untuk mengatasi Hipertensi:

Cara Pertama
Siapkan sebanya 10 gram biji segar diseduh dengan 2 gelas air panas. Setelah dingin disaring lalu dibagi menjadi 2 bagian. Minum pagi dan sore hari.

Cara Kedua
Siapkan setengah sendok teh serbuk biji mahoni diseduh dengan setengah cangkir air panas, tambahkan 1 sendok makan madu. Minum ramuan tersebut selagi hangat, lakukan secara teratur 2-3 kali sehari.

Mengobati Kencing manis(diabetes mellitus)dengan serbuk biji mahoni

Siapkan 1/2 sendok teh serbuk biji mahoni kemudian diseduh dengan 1/3 cangkir air panas. Diminum selagi hangat, 30 menit sebelum makan. Lakuka 2-3 kali sehari secara teratur.

Mengatasi Kurang napsu makan(penambah nafsu makan)

Ambilah 1/2 sendok teh serbuk biji mahoni diseduh dengan 1/3 cangkir air panas, tambahkan 1 sendok makan madu. Minum selagi hangat,
lakukan secara teratur 2-3 kali sehari.

Biji Mahoni Untuk Demam dan masuk angin

Cara membuatnya 1/2 sendok teh serbuk biji mahoni.diseduh dengan 1/4 cangkir air panas, lalu tambahkan 1 sendok makan madu. Diminum selagi hangat, lakukan 2-3 kali sehari.

Manfaat lainya dari biji mahoni

Efek Samping Jika terlalu banyak makan biji mahoni

Mengkonsumsi biji mahoni secara berlebihan dapat memicu terbentuknya kolesterol di cairan empedu yang dapat menyebabkan batu empedu. Hal ini terkait adanya saponin dan flavonoid dalam mahoni. Jadi, dosis paling banyak adalah 200 mg atau sama dengan satu butir biji mahoni per hari. Itulah manfaat tersembunyi biji mahoni untuk kesehatan dan cara penggunaan serta efek sampingnya. Semoga bermanfaat!!


Don't Forget to Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *