March 31, 2020

Tarif BPJS Kesehatan Naik Lagi, Siap-siap merogoh kocek lebih dalam

daftar harga tarif bpjs 2020

Tarif BPJS Kesehatan akan Naik Lagi 2019

Tarif BPJS kesehatan naik
Tarif BPJS

Salam sehat, sudah tahu belum kabar terbaru tentang Badan Penyelenggaran Jaminan Kesehatan alias BPJS Kesehatan hari ini, jika belum tahu maka bersiaplah karena menteri keuangan kita ibu Sri Mulyani Indrawati, akan berencana menaikkan tarif BPJS Kesehatan pada semua golongan, baik sebagai penerima bantuan maupun yang jalur mandiri.

Kenaikan tarif BPJS ini tidak tanggung-tanggung lho, kenaikan tarif tahun ini yang diusulkan adalah sebesar 100 % yang katanya untuk menutupi defisit anggaran jaminan kesehatan Indonesia.

Penyesuaian tarif iuran ini diusulkan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mencapai Rp 160.000 per bulan per jiwa untuk kelas 1 peserta umum atau non PBI. Jumlah kenaikannya mencapai dua kali lipat dari sebelumnya yang sebesar Rp 80.000.

Sedangkan kelas 3 baik PBI dan non PBI diusulkan menjadi Rp 42.000 per bulan per jiwa atau naik dua kali lipat untuk peserta PBI yang sebelumnya Rp 23.000 dan non PBI sebesar Rp 25.500.

Pertanyaanya sekarang adalah, apakah masyarakat Indonesia mampu untuk membayar..?

Mengingat akan kebutuhan akan jaminan kesehatan sangat penting, dan menjadi kebutuhan yang mendesak. Jadi pasti masyarakat akan membutuhkan yang namanya jaminan kesehatan ini, tetapi jika iuran yang saya rasa sangat besar ini kemudian tidak diikuti dengan perbaikan pelayanan kesehatan yang didapatkan di rumah sakit misalnya. Masyarakat akan merasa kecewa dengan BPJS kesehatan akibatnya mungkin saja akan enggan untuk membayat iuran BPJS lagi.

Solusi yang mungkin masyarakat akan ambil dengan kenaikan tarif iuran BPJS ini adalah, dengan menurunkan kelas BPJS miliknya. Iya saya pikirnya banyak warga yang akan menempuh jalan ini apalagi bagi peserta BPJS jalur mandiri, tapi apakah itu tidak berdampak pada pelayanan kesehatan yang nanti akan diterima nanti..? Masih menjadi pertanyaan lagi.

Sekedar info lagi teman, beberapa waktu yang lalu BPJS kesehatan memberikan rekomendasi kepada menteri kesehatan untuk perubahan kelas rumah sakit diseluruh Indonesia, ini karena BPJS beranggapan banyak pelayanan kesehatan tidak sesuai dengan peraturan katanya.

Baca Juga:
Alasan kenapa banyak rumah sakit yang turun kelas

Jangan Lupa Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *