June 1, 2020

6 Cara memilih ikan segar berkualitas

Don't Forget to Share

Ikan adalah sumber protein yang sangat bagus untuk tubuh, apalagi untuk perkembangan anak dan kualitas otaknya. Kebiasaan makan ikan segar sangat bagus untuk kecerdasan anak karena kandungan nutrisi dari ikan terutama omega 3 sangat penting buat perkembangan otak anak. Ikan yang berkualitas rendah memiliki ciri-ciri yang membedakannya dengan ikan segar. Oleh karena itu kita harus tahu cara memilih ikan segar terbaik dan memiliki nilai nutrisi yang baik pula.

Jika anda sering mengkonsumsi protein dari ikan, pasti anda mungkin pernah mendapati ikan yang berbau amis dengan tekstur yang lunak. Dengan kondisi ikan yang seperti itu adalah tanda ikan itu berkualitas rendah alias sudah tidak segar.

Untuk menambah wawasan seputar ciri ikan segar yang layak untuk dikonsumsi,

Berikut beberapa hal yang perlu Anda cermati dalam memilih ikan segar

Pasar tradisional menjual ikan segar
Pasar tradisional menjual ikan segar

1. Mata

Mata ikan yang segar tampak terang dan jernih dengan warna hitam yang nampak di bagian tengahnya. Permukaan matanya pun terasa menonjol dan kenyal saat diraba. Sebaliknya, mata ikan yang yang sudah tidak segar tampak mengerut dan keruh. Dan jika ikan mengandung sat berbahaya seperti formalin untuk pengawet maka Bagian mata yang seharusnya berwarna putih akan berubah warna menjadi lebih kemerahan.

2. Insang

Jika kamu mengangkat penutup insang pada bagian sisi kepala ikan. Ikan yang segar dan baru ditangkap memiliki insang berwarna merah yang tampak bersih dan sudah pasti segar.

Semakin merah warna insang ikan tersebut, maka semakin bagus kualitanya. Sebaliknya Insang ikan yang berwarna kecokelatan atau sudah tidak merah lagi apalagi jika ada bagian insang yang tampak terpisah satu sama lain itu adalah tanda ikan sudah masuk dalam kondisi buruk.

3. Kulit dan sisik ikan segar

perbedaan sisik ikan segar dan ikan tidak segar
perbedaan sisik ikan segar dan ikan tidak segar

Sign pertama yang paling mudah diketahui bahwa ikan itu segar atau tidak adalah penampilan dari kulit atau sisiknya. Warna kulit dan sisik ikan segar dan berkualitas baik tampak mengkilat dengan warna terang.

Sisik ikan segar nampak masih menempel dengan kuat pada badan ikan dan tidak mudah lepas saat ditarik. Lain halnya jika ikan yang berkualitas buruk, akan memiliki kulit dan sisik yang tampak kusam dan saat dipegang, sisiknya akan mudah terlepas.

4. Daging ikan segar

Daging ikan yang segar tampak dari luar kenyal dan teksturnya padat. Beberapa jenis ikan memiliki warna daging yang putih terang, tapi ada pula jenis ikan yang memiliki warna berbeda.

Jika kamu memilih ikan segar, pilihlah ikan yang daging ikan yang warnanya cerah dan tidak kusam. Ciri Ikan segar memiliki tekstur daging yang lembut tapi cukup kenyal sehingga dapat kembali ke bentuknya semula setelah ditekan. Seluruh dagingnya juga menempel kuat pada tulang.

Berbeda dengan ikan yang sudah tidak segar, daging ikan yang kualitasnya buruk akan berwarna kusam. Teksturnya pun akan berubah menjadi lebih lunak alias lembek.

Baca juga : Ciri Daging Ayam Potong Segar Dan Bebas Penyakit

5. Perut

Perut ikan segar akan nampak kenyal, dan jika menekan bagian perutnya dapat kembali ke bentuknya semula. Perut ikan berkualitas rendah memiliki tekstur perut yang lunak, dan jika kamu tekan perutnya dan Isi perutnya juga terburai maka sebaiknya jangan dibeli karena sudah tidak layak untuk dibeli atau dikonsumsi.

6. Ikan segar memiliki Bau amis yang segar

Ikan berkualitas baik memiliki bau khas yaitu bau ikan yang amis tapi masih segar dan ringan. Bau dari ikan segar tidak mengganggu penciuman ataupun terasa aneh.

Sebaliknya, bau amis akan terasa menyengat menandakan bahwa ikan itu sudah tidak segar lagi. Aroma Ikan tersebut akan sangat amis dan berbau busuk dikarenakan ikan tersebut telah dibiarkan terlalu lama dalam suhu ruangan.

Dengan mengetahui cara memilih ikan yang segar akan dapat mengurangi risiko kita makan makanan yang telah terkontaminasi. Jasi, Setelah anda memilih dan membeli ikan segar jika tidak segera dimasak maka jangan lupa untuk segera menyimpannya dalam lemari pendingin sesegera mungkin.

Coba deh lihat video dibawah ini biar lwbih jelasnya.


Don't Forget to Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *