June 1, 2020

Pengaruh Adanya Benda Asing Terhadap Terjadinya Appendisitis Akut

Sakit perut karena usus buntu
Don't Forget to Share

Apa itu Appendisitis Akut

Appendisitis adalah inflamasi atau peradangan pada appendiks yang terjadi secara tiba-tiba, penyakit appendisitis sering disebut juga dengan penyakit radang usus buntu. Yaitu penyakit yang ditimbulkan akibat tersumbatnya muara usus buntu oleh berbagai benda asing. Jika kita membahas Benda Asing dan Appendisitis Akut maka yang akan dibahas adalah seperti cacing, bakteri, biji jambu batu dan biji cabe serta berbagai sebab lainnya.

Sumbatan tersebut menyebabkan produksi lendir pada usus buntu tidak tersalurkan ke dalam usus besar, sehingga dapat berakibat pada pembengkakan serta terjadinya infeksi di usus buntu.

Secara anatomis letak appendiks dapat menempati banyak poisis, retrosekal, pelvic, subsekal, preileal, atau perikolik kanan. Ukuran Appendiks seenarnya dapat berbagai macam tetapi secara umum jaringan ini memiliki lebar sekitar 0,8 cm dan panjang 4-12 cm.

Ada beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan kejadian meradangnya usus buntu ini atau sering disebut appendisitis akut

  • Apakah ada pengaruh cacing terhadap timbulnya appendisitis akut.
  • Apakah ada pengaruh bakteri terhadap timbulnya appendisitis akut.
  • Apakah ada pengaruh biji cabai dan biji jambu terhadap terjadinya appendisitis.

Jika menurut para ahli hingga saat ini belum bisa dipastikan apa penyebab utama seseorang bisa terkena radang pada usus buntu ini, tetapi faktor resiko telah banyak ditemukan pada penderita Appendisitis Akut apa saja itu.

Apabila kamu menderita peradangan pada apendiksmu maka, hal ini dapat merangsang peningkatan peristaltik dari usus sehingga dapat menyebabkan diare. Infeksi dari bakteri pada usus besar akan dianggap sebagai benda asing oleh mukosa usus sehingga secara otomatis usus akan berusaha mengeluarkan bakteri tersebut melalui peningkatan peristaltik maka terjadilah diare akut.

Sumbatan pada dinding apendiks ini biasanya disebabkan karena adanya timbunan tinja yang keras (fekolit), hiperplasia jaringan limfoid, sumbatan cacing, parasit, benda asing yang ikut masuk kedalam saluran cerna kedalam tubuh, kanker primer dan luka pada dinding usus alias striktur. Namun yang paling sering ditemukan adalah terjadinya sumbatan usus buntu karena adanya kotoran yang mengeras alias fekalit (fekolit) dan terjadinya pembesaran pada jaringan limfoid.

Apa akibat jika Peradangan pada Usus Buntu ini tidak segera ditangani

  1. Masuknya kuman usus ke dalam perut, menyebabkan peritonitis, yang biasa berakibat fatal
  2. Terbentuknya abses
  3. Pada wanita, indung telur dan salurannya bisa terinfeksi dan menyebabkan penyumbatan pada saluran yang bisa menyebabkan kemandulan
  4. Masuknya kuman ke dalam pembuluh darah (septikemia), yang bisa berakibat fatal


Don't Forget to Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *