April 1, 2020

Hati – hati masker daur ulang beredar bebas

Ditengah merebaknya virus corona alias Covid-19 di Dunia saat ini,  maka permintaan APD (Alat Pelindung Diri) juga meningkat khususnya Masker.  Masker menjadi bahan buruan masyarakat yang laris bak kacang goreng.  Tapi dibalik tingginya permintaan pasar ada saja oknum yang memanfaatkan situasi saat ini untuk mendapatkan keuntungan pribadi misalnya dengan menjual masker daur ulang.

Oknum ini memanfaatkan situasi krisis virus corona yang melanda negara kita tercinta Indonesia, dan seluruh dunia juga sedang krisis Covid-19.

Sejatinya masker ini yang diharapkan dapat menjadi benteng pertama menghalau virus ini masuk kedalam tubuh, sehingga banyak orang berlomba mencari sebanyak-banyaknya. Masker kesehatan ini sudah sangat langka dipasaran dan harganya sangat jauh dari harga biasanya.

Masker oplosan alias masker daur ulang akan sangat laku dipasaran karena selain harganya yang relatif murah, dan oknum yang menjual masker daur ulang ini tidak susah mencari calon pembelinya. Bisa saja antara oknum dan sang pembeli tidak bertatap muka langsung,  karena bisa saja dia menjualnya secara Online.

Seperti baru-baru ini beredar foto seorang oknum tertangkap sedang melakukan proses pengolahan masker oplosan dengan melakukan daur ulang alias Mencuci masker bekas, kemudian melakukan pengolahan kembali dan selanjutnya kemungkinan akan dijual kepada masyarakat.

Seorang Oknum melakukan proses daur ulang masker

Belum pasti di daerah mana oknum ini tertangkap basah melakukan hal semacam ini, melakukan daur ulang masker bekas.

Sangat berbahaya sekali jika masker yang beredar luas di masyarakat adalah masker bekas pasien. Harapannya dapat mencegah penyakit tapi malah mendatangkan penyakit.

Penggunaan masker bedah ini adalah seharusnya satu kali pakai, dan tidak dianjurkan untuk menggunakannya 2 kali karena akan berdampak pada kualitas bahan pembuat masker ini sudah tidak maksimal.

Masker sekali pakai menggunakan bahan-bahan sekali pakai,  jadi setelah digunakan sebaiknya dibuang saja.

Masker bekas

Bagaimana prosesur yang seharusnya untuk pemusnahan masker bekas ini di rumah sakit atau di pelayanan kesehatan lainnya, kenapa bisa sampai didaur ulang oleh oknum yang tidak bertanggung jawab ini. Harus ditelusuri kenapa bisa lolos.

SOP pemusnahan limbah medis, seharusnya masker bekas ini dimusnahkan dengan menggunakan alat yang bersuhu tinggi yang menghanguskan masker bekas dan limbah rumah sakit lainnya.

Masker bekas di cuci ulang

Pada gambar diatas,  sang Oknum melakukan daur ulang masker bekas dengan cara mencuci kembali masker tersebut.

Awalnya maskernya ini berwarna biru tetapi setelah melalui proses pencucian dengan mesin cuci biasa,  maskernya berubah warna menjadi putih. Mungkinkah oknum ini memakai zat pemutih atau memiliki cairan kimia lainnya.

Proses menyetrika masker bekas

Setelah proses pencucian kemudian masker tadi sepertinya dikeringkan lalu di setrika menggunakan setrika tangan biasa, untuk membuat masker bekas ini tampak lurus dan seperti baru.

Nah,  ditengah mewabahnya virus corona ini diharapkan ketelitian dalam memilih masker untuk kesehatan dan penggunaan sehari hari.  Karena banyaknya oknum yang memanfaatkan situasi untuk kepentingan pribadi. Semoga kita semua dilindungi Tuhan yang Maha Esa.

Jangan Lupa Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *