April 18, 2024

Simak Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil Agar Kuat Saat Melahirkan Nanti

manfaat kurma buat bumil
Don't Forget to Share

Kurma adalah buah seribu manfaat, makan buah kurma sangat bagus untuk kesehatan terutama buat ibu hamil. Apa saja manfaat dari buah kurma ini berikut akan saya jabarkan 6 manfaat kurma untuk ibu hamil.

Manfaat kurma untuk ibu hamil

Apa saja kandungan gizi buah kurma ini. 

Buah kurma yang sagat manis ini merupakan sumber energi yang kaya akan sumber vitamin vitamin, mineral, dan serat. Yah kandungan mineral penting yang terdapat pada buah kurma, diantaranya: kalsium, sulfur, zat besi, potassium, fosfor, mangan, tembaga, magnesium dan zink yang bermanfaat bagi kesehatan. Kurma juga mengandung vitamin seperti thiamin, riboflavin, niacin, folate, vitamin A dan vitamin K.

Dalam 100 gram kurma ternyata kandungan gizinya sebagai berikut:

Serat 6,7 gram (27% AKG)

Potassium 696 mg (20%AKG)

Tembaga 0,4 mg (18% AKG)

Mangan 0,3 mg (15% AKG)

Magnesium 54 mg (14% AKG)

Vitamin B6 0,2 mg (12% AKG)

Dari informasi diatas ternyata buah kurma dapat memberikan energi tanpa menyebabkan peningkatan kadar gula darah yang signifikan dalam tubuh. Karena intinya dalam Mengkonsumsi buah kurma adalah porsi dalam jumlah sedang adalah kunci, jangan berlebihan.

Dilansir dari MomJunction, Makan buah kurma selama kehamilan dapat memberikan nutrisi yang baik dan studi menunjukkan, dengan makan kurma selama trimester terakhir kehamilan dapat memiliki efek positif saat proses melahirkan. seperti dalam penelitian ‘Effect of Dates in Late Pregnancy on the Duration’.

Dalam laman badan gizi Amerika Serikat USDA, per seratus gram kurma menyediakan 277 Kkal energi dan mengandung protein 1,8 g dan serat 6,7 g

Kandungan gula yang tinggi pada buah kurma dapat memberikan energi selama persalinan dan dapat membantu dalam pematangan serviks, sehingga dapat mengurangi durasi persalinan. Mengurangi kebutuhan oksitosin dan prostaglandin untuk menginduksi persalinan.

Apa saja manfaat kurma untuk ibu hamil dan janin?

buah kurma satu biji

1. Sumber Energi

Selama kehamilan, ibu hamil pasti membutuhkan lebih banyak energi dari saat tidak mengandung. Nah dengan mengonsumsi beberapa buah kurma setiap hari maka akan  memberikan energi dari zat gula dari buah kurma ini yang dibutuhkan oleh tubuhnya bersama dengan nutrisi lainnya.

2. Mengatasi Sembelit

Manfaat buah Kurma yang mengandung sumber serat yang tinggi dapat menjaga sistem pencernaan ibu hamil agar tetap sehat dan kandungan serat ini sangat membantu menghindarkan dari sembelit yang biasanya menganggu saat kehamilan.

3. Kurma Sumber Asam Amino

Buah Kurma mengandung sejumlah protein untuk diet. Tubuh ibu hamil sangat membutuhkan senyawa Asam Amino yang diperlukan untuk pertumbuhan tubuh. Apalagi dengan kondisi tubuh yang mengandung maka makan buah kurma secara cukupakan sangat bermanfaat.

4. Mencegah Bayi Lahir Cacat

Sumber folat yang baik dalam buah kurma dapat mencegah cacat bawaan yang terkait dengan otak dan sumsum tulang belakang pada janin. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan untuk banyak makan suplemen yang mengandung folat dan asupan makanan kaya folat sebelum dan selama kehamilan, untuk mencegah cacat bawaan.

Selain kandungan folat, Kurma juga mengandung sejumlah zat besi yang dapat membantu dalam pencegahan anemia selama kehamilan. Fungsi dari Zat besi saat hamil adalah mempertahankan kadar hemoglobin dalam tubuh dan memperkuat kekebalan bayi.

5. Baik Untuk Darah,mencegah Tekanan darah Tinggi

Kandungan kalium dalam buah Kurma yang berguna untuk menjaga keseimbangan air dan garam, sehingga dapat mengatur tekanan darah menjadi normal dan menghindari kram otot pada ibu hamil. Jika saat hamil terjadi kekurangan mineral kalium ini maka resikonya adalah dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, penyakit kardiovaskular, dan stroke saat persalinan.

6. Buah Kurma Membantu Pembentukan Tulang dan Gigi Bayi

Kandungan Magnesium dalam buah kurma yang tergolong tinggi sangat membantu dalam pembentukan gigi dan tulang bayi.

Dengan mengatur kadar gula darah dan tekanan darah serta mencegah dari kekurangan magnesium pada kehamilan maka itulah cara yang terbaik bagi ibu hamil yang ingin agar janin dan dirinya sehat selama hamil. Jadi cukup sekian dulu tipsdan informasi seputar kurma dan manfaatkurma untuk ibu hamil. semoga informasi ini bermanfaat


Don't Forget to Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *