May 6, 2021

5 Hal Umum Wanita Setelah Lahiran Caesar

pasca operasi caesar
Don't Forget to Share

Apakah Anda seorang wanita yang baru saja melahirkan?

Jika ya, selamat yah! Melahirkan anak adalah pengalaman yang menyenangkan, penuh petualangan, dan pastinya tak terlupakan. Meskipun ada yang mungkin mengganjal dan berada dipikiran Anda saat ini, apakah kondisi saya dan bayi saya sehat, bagaimana kondisi saya nanti setelah lahiran caesar yah.

Berikut ini ada beberapa kondisi yang mungkin terjadi pada wanita pasca melahirkan. Apakah itu normal atau tidak?

Setelah melahirkan cesar apakah bisa melahirkan normal?

sakit setelah operasi cesar, Setelah Lahiran Caesar
Sumber gambar id.theasiaparent.com

Melahirkan normal dan cesar itu sama saja, sama-sama sakit. Beda sakitnya pas lahirannya dan sakit setelah banyinya lahir (sakit luka operasi). Dalam dunia medi dikenal istila VBAC alias Vaginal Birth After Cesar artinya melahirkan secara normal setelah melakukan prosedur sesar. Jika kamu meras terganggu  dengan pertanyaan diatas maka jawabanya BISA.

Meski begitu, tidak semua wanita bisa melakukan VBAC ini karena ada risiko yang mungkin saja terjadi saat di ruang persalinan nanti.

Baca juga: Apakah ibu siap memiliki anak kedua

Setelah lahiran caesar belum haid

stres karena sudah operasi caesar belum haid
Sumber gambar popmama.com

Anda tidak perlu cemas bila menstruasi (HAID) belum kunjung datang usai melahirkan secara normal atau caesar. Hal ini bisa dikatakan masih wajar dan normal terjadi. Setelah melahirkan, hampir semua wanita akan mengalami siklus menstruasi yang tidak menentu. Ada beberapa wanita yang baru kembali mengalami menstruasi setelah 6 bulan, bahkan 1 tahun pasca-bersalin.

Setelah lahiran Menstruasi tidak teratur

Menstruasi adalah proses hormonal, dimana kerja hormon dipengaruhi oleh banyak faktor. Jika seseorang sudah melahirkan secara sesar atau normal maka tubuh memerlukan waktu untuk pulih. Dengan kata lain proses yang berhubungan dengan sistem hormon pada tubuh mengalami perlambatan.

penyebab menstruasi tidak teratur pasca melahirkan
Sumber gambar nakedpress.com

Setelah lahiran kok jadi susah BAB

Susah BAB karena operasi seksio
Sumber gambar www.puskosp.dinkes-kotakupang.web.id

Jika kamu melahirkan secara caesar maka kamu akan mengalami yang namanya kejadi pasca pembiusan. Kebanyakan operasi seksio itu pasien akan diberikan pembiusan regional, dimana akan mengalami kelumpuhan sebagian tubunhya.

Pasca operasi, kamu tidak akan langsung pulih 100%, tetapi membutuhkan waktu minimal 2×24 jam. Susah BAB bisa juga disebabkan karena terbatasnya aktifitas fisik yang menyebabkan melambatnya pergerakan usus.

Pasca melahirkan secara normal, sensasi nyeri pada daerah kewanitaan bisa menjadi penyebab ibu untuk malas bergerak. Akibatnya, susah BAB.

Setelah lahiran kaki bengkak

Setelah lahiran caesar kaki menjadi bengkak
Sumber gambar klikdokter.com

Perlu diketahui bahwa selama masa kehamilan, tubuh Anda akan memproduksi banyak darah dan cairan untuk membantu perkembangan janin di dalam kandungan. Setidaknya sekitar 25 persen dari total peningkatan berat badan dipengaruhi oleh penimbunan cairan di dalam tubuh.

Jadi, kaki bengkak setelah lahiran sesar itu NORMAL.

Penyebab setelah lahiran caesar kaki menjadi bengkak

Kaki bengkak disebabkan oleh adanya beberapa perubahan dalam tubuh karena proses kehamilan dan persalinan, antara lain:

  • Penumpukan cairan di dalam tubuh
  • Rahim yang membesar
  • Cairan infus
  • Mengejan saat melahirkan

Itulah tadi beberapa problema wanita pasca melahirkan, apakah itu normal atau tidak apakah berbahaya atau tidak, sebaiknya jika ibu pasca melahirkan dan memiliki keluhan maka sebaiknya hubungi dokter anda. Untuk jaga-jaga segala kemungkinan yang bisa timbul.


Don't Forget to Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *