April 21, 2021

Seputar Penanganan Limbah Radioaktif

cara penanganan limbah radioaktif di pelayanan kesehatan seperti rumah sakit
Don't Forget to Share

Apa itu Limbah Radioaktif?

Limbah radioaktif adalah limbah yang dihasilkan dari berbagai aktivitas proses, dari sejak penambangan di alam, pengolahan hingga penggunaannya, untuk berbagai tujuan. Misalnya di bidang kesehatan untuk kepentingan penegakan diagnosa, terapi serta penelitian dibidang kesehatan. Bagaimana cara penanganan limbah mengandung radioaktif?

Pengelolaan limbah radioaktif yang aman diatur dalam kebijakan dan strategi nasional yang menyangkut peraturan, infrastruktur, organisasi pelaksana dan tenaga yang terlatih. Jadi tidak sembarangan dalam pengelolan limbah yang mengandung bahan radioaktif. Instrumen dan kalibrasi yang tepat harus tersedia untuk monitoring dosis dan kontaminasi. Sistem pencatatan yang baik akan menjamin pelacakan limbah radioaktif dalam pengiriman maupun pembuangannya dan selalu diperbarui datanya setiap waktu.

Limbah radioaktif dikategorikan dan dipilah berdasarkan ketersediaan, pilihan cara pengolahan, pengkondisian, penyimpanan, dan pembuangan.

Apa Saja Kategori dalam limbah radioaktif 

Limbah radioaktif ini sangat beragam jenisnya, tergantung dari jenis bahan yang terkandung didalamnya. Dalam mengelompokkan limbah radioaktif terdapat beberapa kategori, apa saja kategorinya berikut sedikit informasinya:

jenis dan penanganan limbah radioaktif
sumber gambar statics.indozone.news

Umur paruh (half-life) seperti umur pendek (short-lived), (misalnya umur paruh <100 hari), cocok untuk penyimpanan pelapukan.

Limabh yang berbahan radio aktif dikategorikan yang pertama dalah umur bahan yang terkandung, apakah berumur pendek atau memiliki waktu aktif yang panjang.

Aktifitas dan kandungan radionuklida

Bahan-bahan yang terindikasi bahan berbahaya dan mengandung radioaktif dibedakan juga berdasarkan aktifitas serta apakah bahan itu mengandung radionuklida.

Bentuk fisika dan kimia

Bentuk bahan radioaktif juga mempengaruhi dalam pengkategorian limbah berbahaya, misalnya:

  • cair:  berair dan organik.
  • Tidak homogen (seperti mengandung lumpur atau padatan yang melayang).
  • padat : mudah terbakar/tidak mudah terbakar (bila ada) dan dapat dipadatkan/tidak mudah dipadatkan (bila ada),

Sumber tertutup atau terbuka

Kategori bahan radioaktif dibedakan juga dari adanya penutup atau tidaknya, apakah penggunaannya harus habis atau bisa dilakukan pemakaian secara berkala.

Kandungan limbah seperti limbah yang mengandung bahan berbahaya (patogen, infeksius, beracun)

Limbah radioaktif memiliki kandungan khusus, tetapi semua memerlukan penanganan yang serius, limbah ini mengandung salah satu atau semua unsur berikut. apakah bersifat patogen atau mengandung mikroorganisme berbahaya. bisa menyebabkan infeksi pada mahluk hidup atau bersifat racun pada mahluk hidup.

Baca juga: Cara Pengelolaan Limbah Medis Puskesmas dan Rumah Sakit

Syarat kontainer yang berbahan radioaktif 

syarat wadah limbah radioaktif
sumber google.com
  • Kontainer jelas saat diidentifikasi,
  • Terdapat simbol radioaktif saat sedang digunakan
  • Kontainer Sesuai dengan kandungan limbahnya,
  • Kontainer Dapat diisi dan dikosongkan dengan aman,
  • Kontainer Kuat dan saniter.

Apa saja Informasi yang ditemukan pada setiap kontainer bahan radioaktif

label radioaktif limbah
sumber gambar google.com
  1. Nomor identifikasi,
  2. Radionuklida,
  3. Aktifitas (jika diukur atau diperkirakan) dan tanggal pengukuran,
  4. Asal limbah (ruangan, laboratorium, atau tempat lain),
  5. Angka dosis permukaan dan tanggal pengukuran,
  6. Orang yang bertanggung jawab.
    1. Kontainer untuk limbah padat harus dibungkus dengan kantong plastik transparan yang dapat ditutup dengan isolasi plastik.
    2. Limbah padat radioaktif dibuang sesuai dengan persyaratan teknis dan peraturan perundang-undangan yang berlaku (PP Nomor 27 Tahun 2002) dan kemudian diserahkan kepada BATAN untuk penanganan lebih lanjut atau dikembalikan kepada negara distributor. Semua jenis limbah medis termasuk limbah radioaktif tidak boleh dibuang ke tempat pembuangan akhir sampah domestik (landfill) sebelum dilakukan pengolahan terlebih dahulu sampai memenuhi persyaratan.

Baca juga: Cara Penanganan Limbah Bahan Kimia


Don't Forget to Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *