May 7, 2021

SIMPLE Begini Lho Cara Potong Ayam 8 Bagian

Don't Forget to Share

Tips Potong Ayam Utuh Menjadi 8 Bagian

Jika kamu hendak membeli ayam utuh satu ekor, kamu sebaiknya memikirkan kamu kan memotongnya menjadi berapa bagian. Tehnik dan cara potong ayam akan menentukan besar atau kecilnya potongan yang kamu dapat perekornya. Nah. kali ini kami akan membrikan tips dan cara potong ayam 8 bagian yang bisa kamu praktekan dirumah.

Umumnya, jumlah potongan ayam disesuaikan dengan jumlah porsi menu makanan yang ingin disajikan dirumah. Ada bebrapa potongan yang biasa dipesan ibu-ibu ditempat pemotongan ayam, biasanya ayam dipotong menjadi 8 bagian, 10 bagian atau 12 bagian.

ayam potong 8 bagian

Berikut teknik dan cara memotong ayam menjadi 8 bagian

Apa yang dimaksud cara potong ayam 8 bagian

Cara potong ayam menjadi 8 bagian yakni ayam dipotong 2 bagian pada dada, selanjutnya 2 bagian pada paha atas,  2 bagian bagian paha bawah, dan terakhir 2 bagian sayap.

Pertama-tama jika ayam potong kamu berada dalam lemari Es, sebaiknya diamkan dulu selama kurang lebih 10-15 menit.

Langkah-langkah potong ayam utuh menjadi 8 bagian

  • Cara potong ayam pada bagian dada.

    cara potong ayam 8 bagian
    Sumber gambar grid.id

Posisikan ayam telentang, posisi dada ayam menghadap ke atas. Setelah itu, kamu bisa menggerakan-gerakan bagian sayap ayam, untuk menemukan letak persendian antara sayap dan dada. Selanjutnya tentukan bola persendian kemudian potong dengan pisau yang tajam. Lakukan juga pada bagian sayap yang lain.

  • Cara potong ayam pada bagian paha
cara potong ayam 8 bagian pada paha
Sumber gambar sasa.co.id

Pada bagian paha, tarik bagian kaki ayam menjauh dari tubuhnya. Selanjutnya goyangkan bagian paha untuk menentukan sendinya. Tanda persendian ayam pada pahanya yakni terdapat tonjolan yang keras diantara paha dan badan ayam. Sendi pada paha ayam bisa kamu temukan di bagian belakang.

Sebaiknya gunakan pisau boning atau pisau pengupas untuk memotong sambungan sendi pada paha ayam. Ulangi pada bagian kaki lainnya. Selanjutnya, letakkan kaki dengan sisi kulit menghadap ke bawah. Tekuk kaki untuk merasakan sendi dengan tangan dan pisaumu.

Baca juga: Ciri Daging Ayam Potong Segar Dan Bebas Penyakit

Terdapat berupa garis lemak tipis yang membentang di sepanjang  bola sendi pada paha ayam. Potong garis lemak itu untuk memisahkan paha ayam dan badannya.

  • Cara pisahkan tulang punggung ayam
Cara pisahkan tulang punggung ayam potong
Sumber gambar bukalapak.com

Untuk mencabut tulang punggung, kamu bisa memulainya dari bagian kepala lalu potong tulang rusuk di satu sisi tulang punggung. Tulang punggung dan leher bisa dijadikan kaldu.

  • Cara potong bagian dada
Cara potong ayam 8 bagian bagian dada
Sumber gambar sasa.co.id

Potongan ayam pada bagian dada menjadi dua bagian. Kulit dada ayam menghadap ke bawah, lalu potong tulang dada bersama tulang rawan menjadi 2bagian.  Tekan dengan tangan, tumpu berat badanmu untuk memotong. Kamu memiliki dua bagian dada, kini potong lagi setiap bagian dada menjadi dua potong. Selesai deh kamu telah membuat ayam potong menjadi 8 bagian.

Cara potong ayam dengan benar dan sangat cepat

 


Don't Forget to Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *