May 7, 2021

Tutorial Cara Membedakan Stick DualShock PS4 Asli atau Palsu

cara membedakan DualShock PS4 Asli dan palsu
Don't Forget to Share

Cara Membedakan Stick DualShock PS4 Asli atau Palsu

Stick DualShock PS4
Tahu tidak jika banyak sekali beredar dipasaran Stick DualShock PS4 Palsu tapi memiliki berbagaimacam label, yang embel-embel dengan berbagai istilah. Kali ini saya akan berbagi sedikit tips tutorial Cara Membedakan Stick DualShock PS4 Asli atau Palsu.
Para penjual memberikan label Stick DualShock tersebut dengan istilah nama OP (Original Pabrik), namun istilah apapun yang digunakan tetap saja stick tersebut stick kualitas KW/ Palsu/ Tidak asli/ Tidak resmi.
Informasi ini saya dapatkan dari menonton video Youtube dari channel Republik Sultan. Di video ini saya mendapatkan banyak materi baru yang berhubungan dunia Playstation terutama tentang cara tes Stick DualShock asli atau kw.

Ternyata variasi Stick DualShock PS4 controller sekarang sudah ada 2 tipenya, apa saja itu:

DualShock 4 Bawaan mesin PS4 Fat (CUH-ZCT1)

Cara Membedakan Stick DualShock PS4 Asli atau Palsu
Sumber gambar neweggimages.com

DualShock 4 v2 Bawaan PS4 Pro/Slim (CUH-ZCT2U)

Sumber gambar amazon.com
Apa saja Kelebihan dari DualShock 4 v2 ini adalah dari segi ketahanan Batrei, pastinya lebih awet dan pada bagian track pad ada light bar nya. Light bar ini berfungsi supaya kita tau stick yang kita gunakan lampunya sedang berwarna apa apakah sudah lowbat atau tidak.

Produk Sony DualShock 4 resmi sudah memiliki segel dan sticker Hologram. Segel ini nampak pada bagian box depan, jadi dengan mudah calon pembeli untuk mengetahui keaslian dari produk yang dibelinya. Bentuk segelnya seperti gambar dibawah ini.

DualShock 4 resmi sudah memiliki segel dan sticker Hologram
Sumber gambar hydeist666.blogspot.com

Bagaimana cara membedakan mana Joystick DualShock 4 asli, berikut ini tips  nya :

Box Packaging

Pada Dus atau box Joystick DualShock 4 yang asli ada sedikit perbedaan dari yang palsu. 
  • Pada box Joystick DualShock 4 DS4 yang palsu hanya terdapat tulisan japan, sedangkan yang asli pasti ada bahasa inggris nya.
  • Perhatikan serial number dari Joystick DualShock 4 DS4, di belakang stick.
  • Pada bagian gesture touch Joystick DualShock 4 DS4 juga tidak ada plastik pelindung.
  • Joystick DualShock 4 DS4 palsu kadang tidak ada stiker SN pada belakangnya.

Untuk lebih jelasnya, bisa diperhatikan gambar dibawah ini.

Bagian label hologram terdapat pada bagian depan.

Cara Membedakan Stick DualShock PS4 Asli atau Palsu

Saat Joystick DualShock 4 di balik, akan nampak stick original terdapat kotak putih. Pada kotak ini berisi spesifikasi dari Joystick DualShock 4 DS4 dan terdapat kode Serial Number serta tipe atau warna dari stick DS4 ini.

Pada bagian belakang Joystick DualShock 4 terdapat tanggal dan tahun pembuatannya. Fungsi mengetahui tahun pembuatan stik DS4 ini adalah material karet dan baterai akan ada masa kadaluwarsanya.

Perbedaan pada bagian belakang dari dus box Joystick DualShock 4 Palsu dan Original.

Pada bagian Joystick DualShock 4 DS4, bagian belakangnya terdapat tanggal dan tahun pembuatan. Namun, tidak semua ada yah Joystick DualShock 4 bawaan PS4 slim tidak ada tanggal dan tahun pembuatan.

Jadi, perlu di garis bawahi kalau Joystick DS4 yang tidak memiliki SN itu ADA.

Baca Juga: Cara Hack Whatsapp dengan Whozzak 2021 Terbaru

Berikut beberapa kumpulan gambar yang membedakan Joystick DS4 Asli atau Palsu
gambar yang membedakan Joystick DS4 Asli atau Palsu
gambar yang membedakan Joystick DS4 Asli atau Palsu
gambar yang membedakan Joystick DS4 Asli atau Palsu
gambar yang membedakan Joystick DS4 Asli atau Palsu

Proses Charging Battery

Normalnya DualShock 4 jika dalam kondisi baterai kosong, proses cas Joystick PS4 adalah sekitar 2 jam atau kurang. Menurut artikel dari IGN (tidak dalam kondisi digunakan), Jika Joystick DS4 palsu memakan waktu yang lebih lama untuk proses charging battery.
Penggunaan baterai Joystick DualShock original sekitar 7-8 jam saat kondisi masih baru, Joystick palsu pastinya di bawah dari itu.
PS 4 Joystick Asli

Lampu LED Joystick DualShock 4

Pada kondisi saatJoystick DualShock 4 mati dan saat stick mau di cas maka lampu indikator pada stick original akan langsung menyala warna orange dan  tetap menyala berkedip saat proses cas. Jika Joystick DualShock yang palsu kadang ada jeda saat stick pertama kali akan dicas baru lampu menyala, dan kadang malah hanya menyala sebentar kemudian mati lagi indikator casnya.
Lampu LED pada Joystick DualShock 4 yang asli nyalanya lebih stabil dan menghasilkan warna putih kebiru-biruan. Joystick DS 4 palsu nyala LED sedikit ada flicker/kedipan/tidak stabil, Cobalah tes menggunkan kamera hape biasanya akan lebih nampak kedipannya.
Lampu LED Joystick DualShock 4 asli dan palsu


Test Goncangan Joystick DualShock 4

Pada Joystick DualShock 4 yang kamu curigai adalah palsu cobalah berikan sedikit goncangan, biasanya yang palsu akan ada bunyi, bisa jadi proses pembuatannya ada sisa-sisa material yang terlepas.

Sedangkan pada Joystick DS4 yang asli dijamin tidak ada bunyi apa-apa, karena sudah melalui proses quality Control yang baik. Tapi, lain hal jika stick DS4 kamu pernah jatuh atau kebanting.

Test Koneksi Joystick DS4 ke PC

Pada joystick DS4 original, saat kamu hubungkan ke Perangkat komputer atau PC (Windows 10) akan muncul notifikasi bahwa windows telah membaca stick tersebut sebagai DualShock PS4 Controller dan ada icon DS4.
Jika joystick DS4 palsu kadang terdeteksi sebagai device/controller lain, bukan DualShock PS4 Controller.
menghubungkan DS4 ke PC
Sumber gambar bukalapak.com

Build Quality Joystick DS4 Keseluruhan

Joystick DS4 original pastinya memiliki build quality yang sangat rapi, berbeda dengan DS4 palsu yang kadang terkesan kurang rapi. Saat dipakai juga DS4 yang palsu kadang sering terjadi lost koneksi dengan perangkat.
Bagaimana Build Quality Joystick DS4

Kualitas tombol Joystick DS4 Asli

Banyak yang mengatakan sering menemukan tombol pada stick DS4 agak keras saat ditekan. Kembali lagi pada build quality stick DS4 yang palsu pastinya akan ada perbedaan dengan yang versi originalnya.
Beberapa keluhan diantaranya adalah, tombol yang lebih tinggi dan agak keras saat ditekan. Pada bagian kanan tombol stick yakni pada simbol segitiga, lingkaran, kotak dan tanda X kualitas cetakannya kadang lebih tipis di banding yang asli.
Saat kita tekan R3 dan L3 pada stick DS4 yang palsu suaranya akan lebih nyaring, DS4 Original suara lebih kalem dan lembut. Bagian Analognya juga tidak terasa tidak terlalu presisi dan ada ada juga yang mengeluhkan terjadi input delay saat digunakan.
Kualitas tombol Joystick DS4 Asli

Kondisi Hardware Joystick DS4 Asli

Jika kamu tukang oprek maka biasanya kamu kana menemukan perbedaan pada bagian hardware dari stick DS4 yang asli.  Tapi, kan kamu tidak akan mungkin minta sama penjualnya untuk bongkar dan cek isi dalam dari stick DS4 dulu untuk membuktikan DS4 itu asli atau palsu.

Beberapa gambar TerUpdate bagian Hardware Joystick DS4 yang Asli

Pada Gambar 1, DS4 original pada board nya ada logo PS yang ter print dalam papan PCB. Dan di pojok kanan atas ada bar code SN dari stick DS4 ini.

Kondisi Hardware Joystick DS4 Asli

Gambar 2, pada flexible kabel data di komponen track pad, yang asli berwarna orange dan yang palsu berwarna putih.

Kondisi Hardware Joystick DS4 Asli

Gambar 3, Pada baterai DS4 asli ada print timbul dan barcode yang kalau kita scan akan sama seperti SN dari DS4 kita.

Kondisi Hardware Joystick DS4 Asli

Kesimpulannya tentang bagaimana cara membedakan stick DualShock PS4 asli atau palsu simpelnya bertanyalah pada penjual apakah stick yang di jual merupakan Original atau KW. Tapi, jika kamu ragu maka cobalah trik diatas.
Untuk harga di pasaran DS4 Original standard saat ini sekitar Rp. 750-560 rb sedangkan versi OP/KW sekitar Rp. 450-350 ribu. Kita sebagai costumer harus lebih smart guys karena barang kw/palsu dari DS4 ini sudah tersebar dimana-mana, jangan sampai kita sudah beli barang dengan harga ORI tapi dapatnya KW kan nyesek.
So, terima kasih sudah baca dan semoga bermanfaat.
Artikel menarik laiinnya:

 


Don't Forget to Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *