May 19, 2024

20 Jenis Makanan Sumber Serat Tinggi

Don't Forget to Share

Serat adalah bagian dari tumbuhan yang dapat dikonsumsi dan tersusun dari karbohidrat yang sifatnya resistan terhadap proses pencernaan.  Ternyata serat tidak mengandung nilai gizi karena tidak dapat diserap oleh tubuh jadi Fungsi utama serat adalah untuk membantu memperlancar proses pencernaan makanan di dalam usus.
sumber serat
Jika makanan yang dikonsumsi tidak mengandung serat, maka akan sulit dicerna oleh tubuh. Serat terdiri dari 2  macam, yaitu serat yang dapat larut dalam air dan serat tidak larut dalam air.

Berikut penjelasan singkat tentang Jenis-jenis Serat

Serat larut air (soluble fiber)

Ketika kita mengonsumsi makanan yang banyak mengandung serat larut air, maka terjadi proses kimia di lambung, yaitu akan terjadi pembentukan gel karena adanya reaksi serat ini dengan air. Gel-gel ini akan membuat lambung penuh dan mengirimkan sinyal ke otak bahwa tubuh sudah kenyang.
Serat yang larut dalam air ini sangat bagus untuk kamu yang ingin kurus atau dalam program diet, karena akan membuat tubuhmu tidak mudah lapar.
Sumber dari Serat larut dalam air didapatkan dari batang tanaman hijau, kacang-kacangan, kacang almon, oat, brokoli, wortel, dan jenis buah-buahan seperti berry, pisang, apel, dan pir.

Serat tidak larut (insoluble fiber)

Serat jenis ini fungsi utamanya adalah membersihkan saluran pencernaanmu sehingga membantu melancarkan buang air besar (BAB). Jenis Serat ini tidak tidak larut dalam air, sehingga akan terbawa sampai melewati saluran cerna hingga berujung di usus besar.
Jenis Serat tidak larut air bisa didapatkan dari beberapa jenis makanan seperti gandum utuh, biji-bijian, daun-daunan hijau, buah seperti avokad, kiwi, dan tomat.

Makanan Sumber Serat Tinggi dan Alami

Setelah kamu mengetahui berbagai jenis serat dan fungsinya, kini tiba saatnya bagi Anda untuk mengetahui berbagai makanan yang mengandung serat tinggi. Silahkan simak selengkapnya di bawah ini:

1. Oatmeal

Oatmeal mengandung beta glucan, yang merupakan tipe serat khusus yang memiliki efek menurunkan kolesterol yang sangat kuat, dan dapat juga meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.
Oatmeal merupakan campuran dari serat larut dan serat tidak larut. Serat larut dari oatmeal dapat  menurunkan kolesterol darah. Sedangkan serat tidak larutnys dapat membantu menjaga pencernaan berjalan dengan lancar.

2. Pepaya

Mengonsumsi buah pepaya dapat memerlancar proses pembuangan dan membuang sisa metabolisme untuk menghindari sembelit. Enzim Papain yang terkandung dalam buah pepanya juga dapat memecah makanan yang mengandung protein hingga membentuk berbagai senyawa asam amino yang bagus untuk kesehatan.

2. Buah Berry

Buah-buahan merupakan sumber serat alami yang baik. Menurut para ahli gizi, mengkonsumsi buah raspberry, blackberry dan elderberry Maka kamu telah makan serat makanan 8 sampai 10 g serat per 1 cangkir penyajian.

4. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau adalah sumber makanan yang kaya akan zat besi, beta-karoten dan serat. Sayuran hijau seperti bayam, lobak hijau, dan bit hijau, merupakan sumber serat terbaik.
Satu cangkir penyajian sayuran berdaun hijau mengandung 4 sampai 5 g serat.

5. Jagung

Jagung mengandung banyak antioksidan. Dengan makan setidaknya setengah cangkir biji jagung, maka anda telah mendapatkan serat sebanyak  2 gram serat.
Produk olahan jagung seperti Popcorn (tanpa garam atau bumbu) juga merupakan makanan sumber serat, dengan sekitar 3,5 gram serat per tiga cangkir penyajian.

6. Alpukat

Buah Alpukat hijau sangat bagus untuk penderita anemia, terapi kecantikan dan membantu regenerasi sel darah merah. Jenis buah ini mengandung serat sekita 2,2 gram per 100 gram buah alpokat yang kita makan.
Dengan makan buah alpokat  dapat berguna juga untuk melancarkan saluran pencernaan dan mencegah sembelit.

7. Edamame

Edamame adalah sejenis kedelai berbiji besar dan berwarna hijau. Makan setengah cangkir edamame mengandung 11 gram protein dan 9 gram serat. 

8. Beras merah

Siapa yang tidak kenal dengan beras merah, kandungan gizi sudah tida usah diragukan lagi. Bahan makanan ini merupakan salah satu jenis beras yang memiliki berbagai kandungan vitamin terutama Vit.B dan Vit.E. 
 
Beras merah kaya akan kandungan mineral yang tinggi. Selain itu, beras merah juga mengandung berbagai zat seperti fenolat yang merupakan antioksidan kuat, selenium. Beras merah memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga dapat mengatasi gangguan pencernaan seperti sembelit.

9. Buah Pir

Buah pir adalah salah satu buah yang bisa dikonsumsi langsung dengan kulitnya. Buah ini bergizi dan kaya serat ketika kulitnya juga dimakan bersam, kandungan serat dari buah pir adalah mengandung sekitar 5,5 gram serat.

10. Brokoli

Brokoli sangat baik untuk kesehatan. bentuk brokoli yang unik hampir mirip dengan phon beringin tetapi jangan salah yah kandungan dari brokoli ternyata dapat mencegah kanker dan juga mengandung banyak serat . 
 
Kandungan serta dari brokoli adalah sekitar 5,1 gram dalam secangkir brokoli rebus.

11. Apel

Seperti halnya pir, apel adalah buah yang bisa dimakan bersama dengan kulitnya. tapi ingat yah sebelum dimakan maka harus dibersihkan dulu kulitnya. Kandungan nutrisi dan vitamin dari buah apel ukuran kecil mengandung sekitar 4,4 gram serat. Jadi banyak banyak makan apel biar sehat.

12. Jambu Biji Merah

Daun Jambu biji sudah sangat dikenal sebagai obat mengatasi mencret, tapi ternyata kandungan buah jambu biji khususnya jambu biji merah sangat cocok digunakan untuk terapi penyembuhan diabetes, karena rendah kalori dan glukosa. 
 
Banyak sekali manfaat dari buah Jambu biji merah ini, bisa digunakan untuk mengatasi infeksi, menurunkan kadar kolesterol, sebagai antioksidan dan antikanker, mengatasi sariawan, melancarkan saluran pencernaan, mencegah konstipasi, dan membersihkan darah. 
 
Jambu biji merah mengandung banyak vitamin, seperti vitamin A, vitamin C, kalium, fosfor, dan magnesium. Selain itu, jambu biji merah mengandung serat tinggi dengan kadar 7,3 gram per 100 gram.

13. Tomat

Buah Tomat termasuk buah berserat tinggi dengan kadar 4,2 gram per 100 gram bahan. Tomat dikenal dengan kandungan likopen (zat warna merah tomat) yang mampu mencegah kanker prostat. 
 
Karena itu, sangat dianjurkan mengonsumsi buah tomat secara rutin (setiap hari) agar tidak terkena kanker prostat. Camkan Itu

14. Buah Nanas

Kandungan zat gizi dan fitokimia dalam buah nanas diantaranya vitamin A, vitamin C, mangan, kalsium, magnesium, dan pektin. Selain itu, nanas juga mengandung serat dengan kadar 1 gram per 100 gram bahan. 
 
Pektin dalam buah nanas berfungsi untuk memperlancar pembuangan tinja dari usus, serta dapat membantu meredakan panas dalam, meredakan batuk, mengatasi penyakit ginjal dan saluran kandung kemih, mengatasi sariawan, meredakan demam, mengobati penyakit jantung dan stroke, mengatasi infeksi, melancarkan saluran pencernaan, mencegah konstipasi. 

15. Buah Mangga

Mangga mengandung serat sebanyak 1,6 gram per 100 gram. Selain itu, mangga mengandung vitamin A, pektin, dan fruktosa. Kandungan gizi dalam mangga bermanfaat untuk menguatkan jaringan tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi dehidrasi, melancarkan saluran pencernaan, dan mencegah sembelit. 
 
Selain itu, zat gizi dalam mangga juga bisa digunakan untuk terapi kecantikan dan berfungsi sebagai antikanker. Jika kamu menderita diabetes millitus sebaiknya jangan makan banyak-banyak karena mangga khususnya jenis harum manis mengandung kadar gula yang tinggi. Bisa naik Gula Drahnya nanti.

16. Kacang polong

Kacang polong yang diolah menjadi berbagai jenis makanan apapun adalah sumber serat yang lezat, serbaguna, dan murah. Satu cangkir kacang polong dapat mengandung sekitar 16,3 gram serat, dan secangkir kacang polong beku mengandung sekitar 8,8 gram setelah dimasak.

17. Kacang almond

Almond dan hampir semua jenis kacang lainnya merupakan sumber serat yang sangat baik, dikemas dengan lemak sehat, dan protein. Tetapi jumlah kalori almond cukup tinggi, sehingga tidak boleh terlalu banyak dalam mengonsumsinya.

18. Kacang putih

Selain kaya serat, protein, dan zat besi, kacang putih juga merupakan salah satu sumber gizi yang terbaik dari kalium. Sekitar 1 cangkir akan mencakup 25 persen dari kebutuhan harian untuk nutrisi yang melawan hipertensi.

19. Kacang hitam

Kacang hitam mengandung 15 gram serat per cangkir, dan sekitar 15 gram protein. Warna gelap dari kacang ini, menunjukkan kandungan tinggi flavonoid. Flavonoid memiliki kandungan antioksidan kuat. Ketika menambahkan kacang-kacangan dan makanan tinggi serat lainnya untuk diet sehari-hari, pastikan untuk minum lebih banyak air.

20. Roti dan Pasta Gandum

Gandum mempertahankan unsur-unsur gizi dan kaya serat, sehingga memasukkan roti gandum dalam diet sehari-hari adalah pilihan diet yang cerdas. Pasta gandum merupakan alternatif makanan yang kaya serat.
Oke guys, itulah sedikit penjelasan lengkap mengenai berbagai jenis Makanan Sumber Serat Tinggi, macam-macam jenis serat dan fungsinya bagi tubuh manusia. 
 
Semoga bermanfaat dan jagalah selalu kesehatan anda.

Don't Forget to Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *