May 13, 2024

AMPUH Menghilangkan Wajah Bruntusan dengan Bahan Alami

cara atasi wajah bruntusan
Don't Forget to Share

Wajah Bruntusan ??? Begini Cara Menghilangkannya…

Cara Menghilangkan Wajah Bruntusan dengan Bahan Alami dan Kimiawi

Wajah Bruntusan adalah salah satu mimpi buruk bagi semua orang. Sehingga butuh ekxtra kehati – hatian dalam mencari solusi yang tepat untuk mengatasi masalah bruntusan diwajah tersebut. Salah satu Solusinya, adalah dengan menggunakan bahan alami ataupun kimiawi. Namun, sebelum itu, perlu kita pahami sebenarnya bruntusan itu apa sih?? dan penyebab ,munculnya pun perlu kita ketahui.

Bruntusan merupakan salah satu masalah kulit wajah selain jerawat, komedo, flek hitam, dan kerutan wajah. Bruntusan adalah kondisi di mana terdapat bintik-bintik kecil kemerahan di sekitar area wajah. Bruntusan tidak hanya mengurangi estetika wajah, tetapi juga menyebabkan rasa gatal dan perih saat berkeringat, yang kemudian berpotensi mengalami iritasi akibat garukan. Munculnya bruntusan pada wajah lebih banyak disebabkan oleh faktor kebersihan. Oleh karena itu, membersihkan wajah dengan benar dan teratur merupakan cara efektif untuk menghilangkan bruntusan.

Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab pori wajah menjadi bruntusan

Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab pori wajah menjadi bruntusan

1. Komedo. Komedo antara lain disebabkan karena kebersihan wajah  yang kurang baik, penggunaan produk perawatan kulit yang tidak tepat, serta seringnya terpapar dengan polusi udara.

2. Jerawat. Gejala jerawat bermacam-macam, dari adanya papula (bercak kemerahan pada kulit), pustula (bercak putih berisi nanah), dan nodul (benjolan kemerahan, disertai peradangan dan nyeri). Hal ini kebanyakan disebabkan oleh wajah yang cenderung berminyak, banyaknya sel kulit mati yang menyumbat pori-pori dan banyaknya bakteri penyebab jerawat.

3. Milia.  Merupakan bintik-bintik putih kecil pada kulit, terutama kulit wajah. Milia disebabkan oleh keratin kulit yang terperangkap di folikel rambut dan kelenjar minyak di kulit. Biasa terjadi pada bayi, anak kecil maupun orang dewasa. hal ini sebenarnya Tidak berbahaya dan Biasanya tidak ada gejala, tidak ada rasa gatal dan Bisa hilang dengan sendirinya.

4. Kutil kulit atau disebut juga veruka disebabkan oleh virus papiloma. biasanya menyebabkan bintik-bintik kecil pada kulit, Bisa berwarna coklat atau kehitaman.

5. Eksim, ditandai dengan ruam kemerahan yang menyebabkan beruntusan pada kulit. Ada beberapa jenis eksim, yang paling umum adalah eksim atopik, eksim seboroik dan eksim kontak dengan paparan alergen. Eksim juga disertai dengan kulit yang bersisik dan gatal.

6. Folikulitis. Merupakan peradangan pada folikel rambut, biasanya pada daerah kulit yang berbulu seperti wajah, jenggot, ketiak dan daerah kemaluan. Sering dipicu oleh karena setelah bercukur. Berupa bintik kemerahan pada kulit yang menyebabkan kulit tampak seperti guratan.

7. Keratosis Pilaris, atau kulit ayam merupakan penyakit yang umum. Bisa menjadi tanda kulit sensitif dan berhubungan dengan eksim atopik. Bisa ternjadi pada anak-anak maupun dewasa. Gejala KP berupa bintik-bintik berwarna kulit, pada beberapa kasus dapat meradang dan berwarna kemerahan. Bintik-bintik ini seringkali berkoloni dan memberikan sensasi kasar pada kulit seperti kulit ayam.

Baca Juga : Cara menghilangkan jerawat secara alami tanpa bahan kimia

Berikut beberapa tips atau cara menghilangkan Bruntusan pada wajah yang bisa Anda coba di rumah.

tips atau cara menghilangkan Bruntusan pada wajah yang bisa Anda coba di rumah

1. Deep Cleansing. Cara pertama menghilangkan bruntusan adalah dengan melakukan deep cleansing pada wajah Anda.  Deep cleansing merupakan teknik membersihkan kulit wajah yang gak hanya menghapus make up tebal, tapi juga menghilangkan komedo dan sel kulit mati. teknik Deep cleansing meliputi membersihkan wajah, membuka pori – pori kulit, eksfoliasi sel kulit mati dan mengangkat komedo. Teknik ini setidaknya dilakukan seminggu sekali untuk mencegah sisa – sisa make up dan debu menyumbat pori – pori kulit. dalam teknik deep cleansing ini, kita bisa menggunakan make up remover dan facial cleanser jenis oil, cream ataupu balm untuk membersihkan sisa-sisa make up yang menempel dikulit wajah. sementara, untuk pori – pori yang tersumbat dengan sisa make up, kita bisa melakukan therapy air hangat atau steaming, dimana uap air hangat mampu membuka pori – pori wajah, sehingga sisa make up, debu bahkan komedo bisa lebih mudah keluar.

2. Double Cleansing. Bruntusan juga bisa diatasi dengan menerapkan metode pembersihan wajah double cleansing. Cara menghilangkan bruntusan yang satu ini dilakukan dengan membersihkan wajah sebanyak dua kali. Pertama, bersihkan wajah Anda menggunakan pembersih berbahan dasar minyak atau berbahan dasar air. Setelah itu, bersihkan kembali wajah Anda menggunakan facewash yang sesuai dengan kulit Anda.

3. Exfoliating. Menghilangkan bruntusan tidak cukup hanya dengan membersihkan wajah dengan sabun pencuci muka. Lebih dari itu, Anda juga perlu melakukan eksfoliasi, yaitu pengangkatan sel kulit mati dan minyak berlebih yang memicu terjadinya semburan. Gunakan produk eksfoliasi yang mengandung asam salisilat yang memiliki efektivitas tinggi dalam mengangkat sel kulit mati, serta mengatasi minyak berlebih, karena merupakan minyak larut yang dapat menembus pori-pori wajah. Eksfoliasi ini bisa dilakukan minimal seminggu sekali. Untuk hasil yang maksimal, ternyata bagi Anda yang memiliki kulit berminyak sebaiknya lakukan eksfoliasi lebih dari sekali dalam seminggu.

4. Menggunakan Toner. Salah satu penyebab bruntusan adalah aktivitas pembersihan make-up yang kurang sempurna. Oleh karena itu, menggunakan toner untuk membersihkan sisa make up akan lebih efektif. Selain mengembalikan kebersihan wajah, toner juga dapat membantu mengontrol kadar pH wajah secara efektif.

5. Active Face Serum. Serum wajah merupakan salah satu hal yang selain mampu mencegah bruntusan pada wajah, juga diyakini mampu menghilangkan bruntusan karena  Kandungan dalam serum wajah membuat kulit wajah lebih bersahabat dengan tiga bahan kimia yang mampu memicu terjadinya jerawat di wajah seperti, niacinamide, benzoyl, atau peroxide.

6. Pelembab Kulit berminyak atau moisturizer. Kulit berminyak merupakan salah satu faktor penyebab timbulnya bruntusan di wajah. Oleh karena itu, cara menghilangkan noda pada wajah akibat kulit berminyak adalah dengan menggunakan pelembab khusus wajah. Fungsi moisturizer adalah untuk melembabkan kulit wajah sehingga kulit tidak perlu bekerja ekstra yang dapat memicu munculnya bruntusan di wajah.

7. Pakai Masker Wajah. Mengenakan masker wajah yang terbuat dari berbagai bahan alami seperti lidah buaya, daun teh, dan madu juga dipercaya bisa menjadi cara efektif menghilangkan bruntusan pada wajah. Kenakan masker wajah secara rutin, seperti saat hendak tidur malam, hingga Anda melihat hasilnya. Setelah bruntusan hilang, ada baiknya untuk tetap menggunakan masker wajah untuk mencegah bruntusan kembali lagi di masa mendatang.

Baca juga : Cara mengatasi jerawat bandel

8. Mengurangi Penggunaan Riasan. Riasan adalah penyebab terbanyak dari masalah wajah. Oleh karena itu, cara menghilangkan bruntusan yang juga harus Anda lakukan adalah dengan mengurangi penggunaan riasan.

9. Konsisten dengan Produk Wajah. Banyaknya produk kecantikan wajah, mulai dari produk make up hingga produk perawatan kulit, seringkali membuat Anda tergiur untuk mencoba berbagai produk tersebut. Faktanya, tidak semua produk perawatan wajah cocok dengan kulit kita. Akibat ketidaksesuaian ini, timbul masalah di wajah, salah satunya bruntusan. Oleh karena itu, lebih baik konsisten dengan produk kecantikan wajah yang “aman” dengan kulit Anda sebagai cara menghilangkan bruntusan , sekaligus mencegah bruntusan tentunya.

10. Gunakan Perawatan Kulit Secara Berturut-turut. Penggunaan ragam produk perawatan kulit tidak boleh sembarangan, artinya harus digunakan secara berurutan. Misalnya, Anda bisa menggunakan pelembab wajah dan serum. Idealnya, gunakan serum sebelum melembabkan. Sifat molekuler dari moisturizer yang lebih besar dari serum akan mencegah molekul serum merembes ke pori-pori wajah saat serum digunakan setelah moisturizer. Akibatnya wajah bisa mengalami bentol atau alergi.

Urutan penggunaan perawatan kulit yang tepat adalah:

  1. Pembersih Wajah
  2. Memakai Toner
  3. Aplikasikan Serum Wajah
  4. Gunakan Pelembab Wajah
  5. Optional Gunakan Masker Wajah

Cara Mengatasi Bruntusan  dengan menggunakan bahan alami

Cara Mengatasi Bruntusan  dengan menggunakan bahan alami

1. Madu.  Madu sudah sejak lama dipercaya mampu mengatasi berbagai macam masalah kulit, seperti kulit kusam, bruntusan dan jerawat. Nah, manfaat madu untuk wajah juga termasuk membersihkan bruntusan pada wajah. Cara penggunaannya adalah dengan mencuci muka terlebih dahulu, lalu oleskan madu secara merata. Diamkan kurang lebih 30 menit, lalu bilas menggunakan air bersih dan sabun wajah. Lakukan cara menghilangkan bruntusan pada wajah ini secara rutin setiap mandi hingga hasilnya terlihat.

2. Teh Hijau. Mengkonsumsi teh hijau tidak hanya melangsingkan tubuh, tapi juga efektif mengatasi masalah kulit wajah seperti bruntusan. Manfaat teh hijau untuk menghilangkan bruntusan adalah karena teh diperkaya dengan antioksidan yang baik untuk merawat kesehatan kulit.

3. Lemon. Buah asam ini bisa menjadi solusi untuk menghilangkan bruntusan pada wajah secara alami. Cara penggunaannya adalah dengan mencampur lemon dengan putih telur, lalu oleskan secara merata pada wajah. Diamkan selama 20 menit hingga mengering, lalu bilas wajah dengan air bersih.

4. Tomat. Tomat juga diklaim efektif untuk menghilangkan bruntusan pada wajah secara alami. Cara menghilangkan bruntusan pada wajah dengan tomat sangatlah mudah. Anda hanya perlu menghaluskan tomat menggunakan blender, lalu jadikan tomat halus sebagai masker wajah.  Atau, Anda cukup memotong tomat dan mengoleskan bagian dalam tomat di wajah secara merata. Diamkan 10-15 menit, lalu bilas wajah dengan air bersih.

Itulah sedikit informasi mengenai cara menghilangkan wajah bruntusan dan penyebab bruntusan secara umum. Menjaga kebersihan wajah dan kulit menjadi kunci utama agar kamu selalu bebas dari jerawat dan bruntusan. Semoga bermanfaat!


Don't Forget to Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *