May 13, 2024

Begini cara deteksi dini kanker kulit dengan ABCDE

cara deteksi dini kanker kulit dengan ABCDE
Don't Forget to Share

Begini cara deteksi dini kanker kulit dengan ABCDE

cara deteksi dini kanker kulit dengan ABCDE
tahi lalat jadi kanker

Halo sahabat daeng, pernah tidak kamu mendengar tentang Kanker kulit. yah ini adalah suatu penyakit keganasan lho yang biasa dia anggap sepele. Penyakit ini salah satu jenis penyakit yang menghantui manusia. Padahal sebenarnya kanker kulit bisa dicegah dan ditangani dengan cepat jika deteksi dilakukan lebih awal.

Kamu bisa lho deteksi sederhana kanker kulit yang bisa kamu lakukan di rumah dengan panduan tanda ABCDE. Anda juga cukup menggunakan mata dan cermin untuk memeriksa kulit sendiri.

Tanda ABCDE sebenarnya adalah cara mendeteksi kanker kulit jenis Melanoma. Namun sebelum melakukan pemeriksaan, sebaiknya Anda memahami dulu arti dari tanda ABCDE.

  • Asimetris, artinya setengah bagian dari tahi lalat atau bintik pada kulit yang tidak simetris sebaiknya diwaspadai.

 

 

  • Batasan, maksudnya adalah tahi lalat atau bintik pada tubuh yang tidak wajar memiliki batas yang kurang atau tidak jelas, atau bergerigi.

 

  • Color (warna), jika ada bagian kulit tertentu yang memiliki warna yang berbeda dan terlalu mencolok.

 

  • Diameter, segala bentuk tahi lalat atau bintik pada tubuh yang melebihi ukuran 6 mm biasanya adalah gejala kanker melanoma.

 

  • Evolusi, apabila bentuk, warna, maupun ukuran dari tahi lalat atau bintik pada tubuh selalu berubah dari waktu ke waktu.

Bagian tubuh mana saja yang perlu kamu periksa..?, atau bagian tubuh mana saja yang biasa muncul kanker kulit jenis melanoma ini. Sebenarnya semua bagian tubuh yang paling sering terpapar oelh sinar matahari langsung sangat rentang untuk mederita penyakit kulit, termasuk melanoma ini.

Nah, sekarang ayo kita periksa

  1. Angkat lengan kamu dan periksa sisi kanan dan kiri tubuhmu, periksa apakah ada tahi lalat atau bintik hitam.
  2. Tekuk lengan dan perhatikan lengan bawah, ketiak, sampai telapak tangan.
  3. Setelah itu, periksa belakang kaki, ruas-ruas jari, dan telapak kaki.
  4. Terakhir, jangan lupakan bagian yang sulit dilihat seperti punggung, bagian belakang termasuk pantatkamu, dan kulit kepala juga.

Bagaimana..? jika kamu merasa ada yang aneh, misalnya ada tahi lalat yang kamu curigai ayo periksa ke dokter kulit atau klinik kesehatan untuk mendapatkan informasi yang lebih pasti.

Sekian tips untuk kali ini, semoga bermanfaat


Don't Forget to Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *