April 29, 2024

Kandungan Manfaat Daun Katuk Bagi Kesehatan

daun katuk
Don't Forget to Share

Tanaman katuk merupakan jenis tanaman perdu. Memiliki nama Latin Sauropus androgynus (L) Merr, katuk termasuk ke dalam famili euphorbiaceae. Bagian tanaman yang dimanfaatkan untuk dikonsumsi adalah daunnya, daun katuk yang masih muda sering dijadikan lauk misalnya menjadi sayur bening, urap daun katuk, dan gulai. Tapi ada yang menjadi manfaat utama daun katuk untuk ibu menyusui. Nanti kita bahas semaunya yah

Sejak lama daun katuk dipercaya memiliki khasiat untuk kesehatan manusia. Hal ini tidak lepas dari berbagai kandungan gizi yang terdapat di dalamnya. Kandungan kalori, protein, dan karbohidrat daun katuk hampir setara dengan daun pepaya dan daun singkong. Tanaman katuk juga mengandung vitamin A, B1, dan C.

Apa Saja Manfaat Daun Katuk

Tanaman katuk ini memiliki senyawa fitokimianya seperti tanin, saponin flavonoid, dan alkaloid papaverin yang sering digunakan sebagai bahan obat alami. Berikut ini saya rangkum dari berbagai sumber apa saja manfaat tanaman katuk untuk kesehatan tubuh manusia.

Melancarkan ASI

Di Nusantara, daun katuk sudah sangat dikenal sebagai pelancar ASI berkat kandungan protein, senyawa minyak esensial (saponin, flavonoid, tanin, triterpenoid), sejumlah asam amino, vitamin A, B, dan C, mineral (kalsium, fosfor, zat besi), serta tujuh senyawa aktif lainnya. Sudah banyak penelitian mengenai kemampuan katuk dalam meningkatkan memproduksi ASI, dan  sudah banyak diproduksi menjadi extrak daun katuk dalam bentuk tablet katuk untuk melancarkan ASI.

Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan betakaroten yang tinggi (vitamin A) sangat membantu mencegah gangguan pada mata.

Kandungan gizi dalam 100 gram daun katuk adalah:

  • Energi 59 kal
  • Protein 4,8 g
  • Lemak 1,0 g
  • Karbohidrat 11 g
  • Serat 1,5 g
  • Kalsium 204 mg
  • Fosfor 83 mg
  • Zat Besi 2,7 mg
  • Vitamin A 10.370 IU
  • Vitamin B1 0,1 mg
  • Vitamin C 239 mg
  • Air 81 g

Dapat Mencegah Osteoporosis (kerusakan tulang)

Kandungan kalsium pada tanaman katuk ini cukup baik dikonsumsi oleh perempuan, untuk mencegah terjadinya Osteoporosis. Tapi laki-laki juga bisa, siapa sih yang mau tulangnya keropos. hehehe

Mengatasi Hipertensi

Kadar kalsium yang sangat rendah dapat menyebabkan naiknya tekanan darah tinggi. Untuk mengatasinya, cobalah mengonsumsi olahan dari katuk yang cukup baik kadar kalsiumnya.

Vitalitas Pria

Dalam katuk terdapat zat aktif yang mampu merangsang sintesis hormon steroid seperti progesteron, dan testoteron sehingga membangkitkan vitalitas seksual, memacu kualitas dan kuantitas sperma. Sangat cocok buat keluarga yang merencanakan kehamilan, biar tambah joss bisa di kombinasikan dengan telur dan madu. Atau jadi Jus Katuk+telur+madu.

Efektif Mengatasi Flu hingga Anemia

Ternyata tanaman katuk ini mengandung efedrin yang sangat baik bagi penderita influenza. Jadi jika kamu sedang mering-mering atau mengalami flu ringan makanlah olahan daun ini dan istirahat yang cukup. Insya Allah flu dan penyakit lainnya kabur.

Baca juga :

Catatan Penting!

Daun katuk punya segudang manfaat tapi jangan dikonsumsi berlebihan yah, tidak melebihi 50g/hari secara terus menerus dalam kurun waktu yang lama. Karena senyawa glukokortikoid dapat mengganggu penyerapan kalsium dan fosfor. Efek negatif lainnya, dapat menyebabkan insomnia, tidak enak makan, dan sesak napas. Khusus ibu hamil, tidak disarankan mengonsumsi tanaman katuk karena akan mempengaruhi kondisi janin.


Don't Forget to Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *